arti dari kejujuran….

2 07 2008

Perkenankan saya untuk berbagi cerita sederhana yang pernah saya lihat dalam suatu acara di station televisi

yaitu tentang Seorang ayah dan anak laki-lakinya yang berkunjung ke sebuah taman bermain. Di pintu masuk sang ayah memesan karcis 2 lembar kepada penjaga loket. Penjaga loket merasa heran dan bertanya kepada sang ayah :

Penjaga Loket : Mengapa Anda memesan 2 lembar tiket, sementara saya hanya melihat anda sendiri?

Ayah : saya pesan 2 tiket untuk saya dan Anak laki-laki saya, yang ada disamping saya.

Penjaga melihat keluar melalui lubang loket dan tampak anak laki-laki kecil berdiri disamping ayahnya. Penjaga Loket : sepertinya anak Anda masih di bawah usia 3 tahun, dan menurut aturan kami anak dibawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk, jadi anak Anda tidak perlu membayar.

Ayah : anak laki-laki saya kemarin baru berulang tahun yang ke 3, dan hari ini kami akan merayakannya. Oleh karena itu, saat ini anak saya sudah tidak berhak lagi untuk mendapatkan keringanan tiket gratis. Sambil tersenyum kagum, akan kejujuran sang ayah, penjaga loket memberikan 2 lembar tiket yang di beli oleh sang ayah.

Ternyata anak laki-lakinya mengamati pembicaraan ayahnya dengan penjaga loket, dan sang anak bertanya kepada ayahnya, “mengapa ayah tidak menyetujui saja saat penjaga loket mengatakan kalau aku masih berhak mendapatkan tiket gratis”. Kan berarti ayah mendapatkan keuntungan seharga 1 tiket?.

Dengan bijaksananya sang ayah menjelaskan kepada anaknya bahwa : Apabila ayah berbohong, penjaga tiket memang tidak mengetahuinya. Namun engkau anakku akan melihatnya, apa yang ayah lakukan, yaitu berbohong untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri dan merugikan orang lain adalah sebagai perbuatan baik. Dan suatu saat nanti engkau akan meniru tindakan yang salah. Dan berarti ayah telah mencontohkan ketidak jujuran kepada mu, anakku tersayang……


Actions

Information

One response

17 04 2009
oza

Salam kenal dengan best daddy, luar biasa…
Wow segitunyakah harga sebuah kejujuran ?? namun aku percaya senyuman adalah hadiah yang tak ternilai harganya buat anakku…

Leave a Reply

