Ride for freedom

4 12 2008

Jumat, 15 Agustus 2008 pukul 06.00 berlokasi di SPBU Tanjung Barat dijadikan sebagai titik kumpul bagi sebagian anggota YJOC yang berdomisili disekitar Jakarta dan Tanggerang untuk melakukan Touring Resmi yang diadakan Yamaha Jupiter Owners Community (YJOC) kedaerah Pangandaran, Ciamis Jawa Barat. Tema yang diangkat adalah “Ride For Freedom”, “Solidarity, Humanity, Nationality”, karena Touring kali ini bersamaan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-63 dan juga masih dalam rangkaian acara besar ulang tahun ketiga komunitas kami yang tercinta.

Mulai pukul 06.10 menit grup-grup kecil mulai berdatangan, berawal dari grup YJOC wilayah Jakarta PUSat dan UtARa (PUSAR), dilanjutkan dengan grup dari chapter Tangerang dan wilayah Jakarta Barat, lalu menyusul beberapa dari anggota kami yang datang sendiri dari wilayah Jakarta Selatan, Pusat, Utara, Timur maupun Chapter Bekasi dan Depok. Setelah semua berkumpul sedikit briefing pun dilakukan demi lancarnya perjalanan ini. Mulai dari persiapan Safety Riding Officer (SRO), pembagian aksesoris touring ataupun aksesoris dari sponsor, tidak lupa Bendera merah putih yang berdimensi kecil yang di pasang di motor kami masing-masing dan pita merah putih yang kami sematkan di jaket masing-masing sebagai tanda pemaknaan terhadap hari Kemerdekaan dan tema turing kami “RIDE FOR FREEDOM”, Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tak lupa kami panjatkan agar selama perjalanan kami berjalan lancar.

Keberangkatan kami bagi menjadi beberapa kelompok turing yang biasa kami sebut klotur. Klotur pun mulai meninggalkan SPBU Tanjung Barat sekitar pukul 07.20 menuju SPBU Warung Jambu, Bogor untuk menjemput salah satu dari anggota kami yang berdomisili di Bogor. Sesampainya di Bogor pukul 08.10, briefing dilakukan lagi. Pada kali ini briefing lebih ditekankan kepada tekhnis perjalanan, seperti jalur yang dilewati dan juga TOURING SIGNAL, karena banyak diantara kami yang tergabung dalam klotur adalah anggota baru di YJOC yang belum memahami sepenuhnya tentang TOURING SIGNAL. Klotur dipecah menjadi 2 klotur kecil yang masing-masing terdiri dari sekitar 10 motor termasuk SRO. Klotur pertama berangkat pukul 08.45, dan menyusul klotur berikutnya oukul 09.00. Sengaja Klotur dipisah agar klotur perjalanan kami tidak terlalu panjang yang dapat mengganggu pengguna jalan lainnya. Kedua klotur ini menempuh jalur yang sama, yaitu Bogor, Ciawi, Puncak, Cianjur dan kemudian bertemu di restpoint yang ditentukan yaitu SPBU Cipatat. Kedua klotur ini berturut-turut tiba pukul 11.00 dan pukul 11.15 tanpa ada kendala apapun, dan tenggang waktu yang sangat terjaga, hanya terpaut waktu 15 menit antara klotur pertama dan kedua.

Setelah bertemu di restpoint ini, kami melanjutkan perjalanan menuju Bandung. Waktu menunjukan hampir mendekati waktu Sholat Jumat, Kami ingin melanjutkan perjalanan sambil mencari mesjid, dan didaerah ini kami tidak tahu letak mesjid, karena alasan ini pun 2 klotur kecil ini di gabung kembali. Alasan ini pun diperkuat karena jalur yang akan dilewati sudah tidak terlalu ramai, yaitu Citatah, Padalarang dan Cimahi. 2 Klotur jalan bersamaan namun tetap menjaga jarak aman antara klotur satu dan klotur dua. Setelah masuk daerah Cimahi, Bandung kami pun melihat Mesjid dipinggir jalan besar yang melaksanakan Sholat Jumat, kamipun bergegas untuk berhenti dan area mencari parkir yang cukup luas untuk menampung motor-motor anggota klotur. Anggota kami yang non Moslem mengistirahatkan diri sambil menjaga motor rekan-rekannya yang moslem melaksanakan sholat jumat. “That’s what brotherhood are for”

Sholat Jumat pun selesai dan kami langsung bersiap untuk melanjutkan perjalanan kembali, restpoint pun ditentukan lagi, kali ini berada didaerah lepas Jalan Soekarno hatta, Bandung yang hampir masuk ke daerah Nagrek. Di restpoint ini klotur memutuskan untuk makan siang. Kami makan, sambil berbincang-bincang, sekaligus berkoordinasi melalui telepon dengan teman-teman kami klotur chapter Depok dan Bogor yang jalan malam, juga klotur dari Surabaya, Jogjakarta, Cirebon, dan Malang. Tidak terasa 1,5 jam kita berhenti di rumah makan tersebut.

Perjalanan pun dilanjutkan, sekitar pukul 15.45 kami meninggalkan rumah makan tersebut menuju Ciamis, Jawa Barat. Jalur yang ditempuh adalah melalui Nagrek, lalu kearah Malangbong, Ciawi lalu Ciamis. Pada saat memasuki waktu maghrib atau sekitar pukul 18.00 kami tiba di alun-alun Ciamis. Di alun-alun kota Ciamis inilah teman-teman dari YJOC Chapter Cirebon telah menunggu bersama saudara-saudara kami dari Yamaha Jupiter Ciamis Club (YJCC). Ibadah Sholat Maghrib ditunaikan, sementara teman-teman yang lain berbincang-bincang dengan teman-teman dari YJCC, ada juga yang sekedar minum kopi ataupun membakar rokok sambil melepas sedikit kelelahan.

Sekitar pukul 19.15, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Pangandaran dengan di kawal oleh teman-teman dari YJCC. Perjalanan mulai dari Ciamis menuju Banjar terasa nyaman karena dikawal oleh teman-teman YJCC yang notabene nya sudah menguasai jalur tersebut, walaupun dalam kondisi sebenarnya jalan yang kami lewati berliku-liku, sempit dan tidak jarang aspal yang bergelombang menemani perjalanan kami. Masuk kota Banjar sekitar pukul 20.45, kami mendapatkan informasi bahwa klotur YJOC Chapter Jogjakarta dan Malang sebentar lagi sampai kota Banjar, atas dasar informasi inilah kami menunggu rekan-rekan dari chapter Jogjakarta dan Malang di pintu gerbang lepas kota Banjar. Sekitar pukul 22.15 rekan-rekan kami yang kami tunggu akhirnya sampai juga. Tanpa basa basi kami langsung melanjutkan perjalanan dikarenakan malam sudah makin pekat dan rasa ngantuk dan lelah bercampur jadi satu.

Tepat pukul 22.30 kami sampai di Pangandaran tepatnya di penginapan yang kami sewa dengan selamat. Packing barang-barang kedalam kamar, anggotasihkan diri, sambil bercengkrama dengan teman-teman yang dari luar kota, yang selama ini hanya berkomunikasi lewat website tercinta http://www.yjoc.web.id dan milist tercinta yamaha-jupiter@yahoogroups.com atau sekedar saling mengirim Short Messaging Service (SMS). Akhirnya rasa lelah yang mengakhiri bincang-bincang kami. zzzzzzzZZZzzz……it’s time to sleep.

“Selamat pagi, Pangandaran…….!” itulah kata-kata yang pertama kali keluar dari kami. Pagi yang cukup cerah telah menanti kami untuk berjalan-jalan dipantai sambil menunggu klotur dari YJOC chapter Surabaya dan klotur malam yang belum hadir. Pukul 10.00 klotur dari YJOC chapter Surabaya telah sampai dan menyusul klotur malam 1 jam kemudian. Acara-acara kecilpun berlangsung di pelataran parkir penginapan kami, games yang sengaja dibuat sebagai hiburan untuk mengisi acara.

Tepat pukul 16.00 wib acara puncak yang menjadi salah satu misi turing kali ini adalah BAKTI SOSIAL di yayasan Yatim Piatu, yang berada dikawasan pantai Pangandaran. Sambutan oleh deputy master YJOC, Ketua Pelaksana Acara, dan dari pihak Yayasan membuka acara BAKTI SOSIAL ini. Penyerahan donasi secara simbolis dan sedikit foto-foto, dilanjutkan dengan bersilaturahim dengan anak-anak panti asuhan menutup acara ini.

Acara selanjutnya adalah acara pembagian Nomor Identitas Anggota dan perkenalan anggota baru kepada rekan-rekan lainnya. Sedikit games seperti bermain bola pasir antar chapter, lomba dorong motor di pantai pun berlangsung secara meriah di pinggir pantai. Sebagai hadiah utama adalah sepasang ban dari sponsor acara kami. Untuk mendapatkan hadiah utama ini setiap anggota diminta menyebutkan makna logo komunitas tercinta kami, YJOC, sengaja games ini yang disediakan panitia dengan tujuan agar setiap anggota YJOC dapat lebih memahami dan memaknai logo YJOC. Acara yang berlangsung sampai sekitar pukul 00.00 ini pun akhirnya diselesaikan oleh pembagian nomor ID kepada anggota-anggota baru dan penyerahan hadiah kepada para pemenang games.

Minggu, 17 agustus 2008, sebenarnya pada hari ini rencana kami adalah melaksanakan upacara hari raya 17 agustus, dalam rangka menyemarakan hari kemerdekaan republik indonesia ke-63, namun karena kondisi fisik yang sudah sangat lelah, rencana ini dibatalkan namun kami tetap memaknai hari 17 bulan 8 ini dengan mengadakan sedikit diskusi mengenai makna kemerdekaan bagi masing-masing anggota. Diskusi dilaksanakan sambil kami menyantap sarapan pagi, dan setelah sarapan selesai kami pun mempersiapkan diri untuk pulang kembali ke Jakarta namun sebelumnya kami mampir ke pantai Batukaras. Perjalanan dimulai pukul 10.00 setelah semua siap meninggalkan penginapan, kami menyempatkan diri untuk berpamitan dengan pihak yayasan panti asuhan tempat kami mengadakan BAKTI SOSIAL.

Perjalanan ke Batukaras sedikit terhambat karena pada ruas-ruas jalan ramai oleh warga yang melakukan karnaval dan bersamaan dengan selesainya upacara bendera dan lomba-lomba. Namun dengan semangat 45, kami pun tiba di daerah Batukaras, sekitar pukul 12.00. Jalur yang dilewati cukup bagus melalui jalur Cijulang, Parigi, Green Canyon, dan Batukaras.

Sesampainya di Pantai Batu karas kami segera melakukan sesi pemotretan untuk pihak sponsor, lalu kami sempatkan diri untuk makan siang dan ada beberapa diantara kami yang sempet bermain dengan birunya air laut di pantai Batukaras. Cukup lama kami menghabiskan waktu ditempat ini. Bahkan ada beberapa diantara kami yang sampai makan siang sebanyak 2 kali. Setelah mata dimanjakan oleh keindahan panti Batukaras dan perut juga dimanjakan oleh beberapa makanan yang lezat, kami bersiap untuk melakukan perjalanan pulang.

Jalur yang ditempuh dalam perjalanan pulang kami adalah kembali melalui Cijulang dan Parigi, kemudian melewati kota Banjar. Pukul 14.30 kami baru melanjutkan perjalanan dari Batukaras menuju Jakarta, namun karena salah satu motor dari anggota kami bermasalah, jadi kami senantiasa menunggu. Beberapa dari kami menunggu di SPBU dan beberapa dari kami juga menunggu ditempat makan. Setelah menunggu hampir 2 jam, perjalanan kembali di lakukan. Dengan tempo yang cukup cepat. Restpoint berikutnya adalah mesjid agung Banjar.Disini kami juga beristirahat cukup lama. Beribadah, makan malam, dan juga foto kami telah lakukan di sini. Kami tiba di kota Banjar pukul 18.30 dan baru melanjutkan perjalanan sekitar pukul 21.30.

Pukul 21.30 kami melakukan perjalanan pulang, di sinilah di kota Banjar kami memisahkan diri dari klotur YJOC chapter Surabaya, Malang, dan Jogjakarta. Dari Banjar kami menuju Ciamis untuk berpisah dengan klotur dari YJOC chapter Cirebon. Perjalanan dari sini kami ditemani oleh rintik hujan yang cukup deras yang cukup mengganggu jarak pandang kami. Air hujan yang mengguyur kaca helm kami yang membuat biasan cahaya ketika terkena sinar. Alhasil kami jadi buta sesaat ketika kaca helm kami tersorot oleh cahaya lampu dari kendaraan dari arah yang berlawanan. Selain itu masalah lain yang terjadi adalah cuaca yang menjadi sangat dingin. Sangat-sangat dingin.

Keadaan ini memaksa konsentrasi kami untuk lebih fokus, keadaan seperti ini cukup menguras tenaga dari kami. Akhirnya klotur memutuskan untuk berhenti sejenak dan memejamkan mata. Kami beristirahat di mesjid agung daerah Tasikmalaya dan sempat beristirahat selama kurang lebih 1 jam. Satu jam telah berlalu, kloturpun di bagi menjadi 2 klotur kecil.

Hari sudah berganti, Senin 18 Agustus 2008 Klotur pertama jalan sekitar pukul 00.05, klotur ini jalan dengan kecepatan normal. Setelah 1,5 jam berjalan, klotur satu memutuskan untuk beristirahat kembali karena ada anggota dari klotur kami yang mengantuk. Dalam kondisi ini SPBU lah yang menjadi tempat peristirahatan paling nyaman. Kali ini SPBU Rancaekek yang menjadi incaran kami. Kami tiba disini sekitar pukul 02.15 dan disini kami beristirahat cukup lama, sekitar 2 jam. Kondisi dingin inilah yang membuat kondisi kami menjadi sedikit bermalas-malasan dan agar kondisi tidak semakin turun akibat hawa dingin maka kami memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Tepat pukul 03.45 kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta. Dengan kondisi menahan rasa lapar yang telah melanda kami berjalan dengan kecepatan normal yaitu sekitar 60-80 km/jam. Kondisi jalan yang tidak terlalu panjang dan sesekali terhenti karena lampu merah, menjadi salah satu alasan perjalanan ini tidak terlalu membosankan yang dapat membuat kita mengantuk. Setelah melewati Soekarno Hatta, Bandung lalu masuk kedaerah Kiaracondong langsung tembus ke Cimahi dan memasuki daerah Padalarang. Rasa lapar yang sangat ganas menyerang para anggota klotur membuat kami terpaksa memberhentikan diri di SPBU Citatah untuk mengisi perut kami yang sangat kosong kebetulan di SPBU ini terdapat rumah makan.

Kami tiba ditempat ini sekitar pukul 05.00. Sambil menunggu pesanan makanan kami tiba, kami melaksanakan sholat shubuh di mushola yang tersedia di SPBU ini selain itu kami juga bersenda gurau untuk mengusir rasa ngantuk dan juga membasuh muka kami dengan air yang wauuww dingin. Selesainya kami makan dan membasuh muka, kami melanjutkan perjalanan turun ke Puncak melalui Cipatat dan Ciranjang. Kami mendapatkan kabar bahwa klotur kedua telah sampai di SPBU Ciranjang, dan mereka pun langsung berisitirahat untuk kembali memulihkan tenaga.

Pukul 06.10 kami melanjutkan perjalanan turun melalui Bukit Kapur, Cipatat, Ciranjang, Cianjur dan memasuki kawasan puncak. Kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto di kawasan Gantole, Puncak. Ditempat ini kami tiba sekitar pukul 08.30 dan tak lama kemudian klotur yang beristirahat di SPBU Ciranjang menyusul kami di Gantole sekitar pukul 09.00.

Melihat situasi jalur yang tidak terlalu ramai klotur pun dilebur menjadi satu klotur besar, kami turun dari kawasan gantole sekitar pukul 09.30. Kami menuruni kawasan Puncak dan masuk kedaerah Bogor tidak melewati Tajur, namun lewat jalur alternatif melewati kawasan Sentul. Dan dikawasan Sentul inilah kami memisahkan diri. YJOC Chapter Bogor, Depok berpencar melewati Warung Jambu. Dan untuk YJOC Chapter Jakarta dan sekitarnya melewati kawasan Cibinong.

Demikianlah seulas cerita perjalanan kami. Perjalanan ini bisa dibilang sangat lancar tanpa ada kendala yang berarti. Sungguh suatu perjalanan touring dengan rasa pembebasan dan kemerdekaan serta kebahagiaan juga karena sudah mengisinya dengan berbagi bersama rekan-rekan dan saudara-saudara kami di Yayasan Yatim Piatu. Ya! Touring memang selalu ada ceritanya….Semoga perjalanan-perjalanan kami berikutnya menjadi lebih baik lagi.


Written by Sigit YJOC #182 – Sekretaris
Edited by Lucky YJOC #012 – Koordinator External & Redaktur web


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: