obrolan malam via facebook

26 06 2009

n1083800574_30126023_6138Edo Rusia merupakan salah satu journalis di salah satu media di ibukota, beliau juga merupakan aktivis dari sebuah LSM yang sangat concern dengan keselamatan jalan yakni RSA (Road Safety Association). Perawakan yang santai namun tetap serius apabila berdiskusi secara langsung dengan beliau tentang segala permasalahan yang ada di atas jalan raya, baik itu oleh pengguna kendaraan roda 4, roda 2 bahkan pengguna sepeda dan pejalan kaki, bahkan masalah transportasi umum juga g lupa untuk ikut di perhatikan. Bahkan walaupun hanya melalui media jejaring sosial seperti facebook g luput di jadikan sebagai media untuk bisa mensosialisasikan dan menginformasikan tentang masalah yang berhubungan dengan keselamatan jalan.

Awalnya hanya sekedar menyapa lewat status facebook yang beliau buat tapi sampai ke obrolan yang agak seru n menarik. Membosankan memang untuk sebagian orang yang merasa tidak memiliki ketertarikan apalagi yang terjun langsung untuk merubah seluruh paradigma yang ada tentang keselamatan jalan.

om mo tanya sedikit nih boleh kan
sebesar ap sih expectasi masyarakat terhadap keselamatan jalan, karena kl memang besar kenapa mereka terlihat g peduli yah ?
mohon pencerahan om

persoalan dasar hidup manusia yg selalu diingat setiap manusia setidaknya tiga hal; pertama, soal rejeki. kedua, soal kebahagiaan. ketiga, soal kematian. keselamatan berkendara sebenarnya terkait dengan ketiga hal itu, terutama yg ketiga.
sejak awal, ketika di rumah, sering kita mendapat pesan dari orang tua; hati-hati di jalan. pesan itu bermakna … Read Morejaga keselamatan saat bepergian. termasuk saat berkendara di jalan. ironisnya, kenapa jadi sering terlihat tidak peduli? kompleks. mari kita urai.
pertama, smangat komunal. setiap individu ketika berkumpul menjadi sekumpulan massa, memiliki tambahan keberanian. sayangnya, keberanian tadi dimanfaatkan untuk melanggar lalin. misal, melanggar garis putih, zebra cross, trotoar, bahkan melabrak lamer.
kedua, budaya permisif. sering kita jumpai kalimat, ‘akh cuma dekat aja, gak usah pakai helm’. atau ‘peraturan kan dibuat untuk dilanggar’ budaya ini merusak mentalitas saat berkendara.
ketiga, mental mencari jalan pintas. ini mental paling buruk. alasannya mengejar waktu, alasannya gak ada polisi yg melihat, atau sekali-sekali bolehlah. mentalitas ini mengerikan. bisa memicu kecelakaan.
keempat, emosional. beban kehidupan yg sesak. tingkat solidaritas rendah, dan konyolnya, tak memiliki kepedulian terhadap pengguna jalan lain, dari empat hal tadi, dicampur aduk menjadi perilaku bringas di jalan, tak mau antre, mau menang sendiri, dan yg paling bahaya, mengambil hak orang lain.
loh kok jadi serius gini yah malam2…he he he…smoga bermanfaat.

sedikit lg ya om, maaf ganggu tidurnya
dari ke empat hal td semua faktor dominan dalam terjadi kecelakaan, tp sebenarnya mereka semua kan g ad yang mau celaka atau lecet sedikitpun, nah untuk lebih mengena ke pribadi mereka masing2 sebenernya dalam hal tersebut penyampaian yang baik harusnya gmn, extreme, santai atau bahkan akhirnya mending g usah peduli lagi sampai mereka merasakan akibatnya sendiri

kalimat terakhir ente itu paling pas. coba tengok sekeliling kita, mungkin diri kita juga. seseorang sering tak berubah sebelum mengetahui/merasakan pahitnya menjadi korban kecelakaan. jadi, cara menyampaikan pesan bisa dimulai dari contoh. jika kondisinya informal, seperti saat santai di rumah atau kantor, kita ajak lawan bicara dgn pemaparan … Read Morecontoh. misal, “temen gw baru beli helm full face saat terlibat kecelakaan yg menyebabkan dagunya sobek.” atau…”temen gw minta tolong agar diingetin untuk bawa helm dua karena mau jemput pacarnya”
cara paling enak saat kondisi informal adalah lewat humor. jgn ada kesan menggurui, hal itu mengingat pesan dari luar fungsinya adalah merangsang dan mengingatkan, sehingga muncul motivasi dari dalam diri lawan bicara kita. kesadaran yg muncul dari dalam bakal lebih enak ketimbang dipaksa.
kesemuanya itu memang tidak mudah, bahkan perlu berulang-ulang. maka itu, slogan kita kan, jgn pernah lelah suarakan road safety, termasuk safety riding.

dgn masyarakat yg heterogen n pengetahuan tentang hal ini yg kurang baik itu sosialisasi dari pemerintah tentang segala peraturan n regulasi lalu disisi lain kesadaran dari setiap pengguna jalan untuk lebih bisa saling menghargai agak kompleks juga berarti permasalahannya yah…mudah-2an g patah semangat untuk seluruh aktivis dan pemerhati masalah ini untuk terus bisa memperbaikinya
makasih ya om atas pencerahannya…keep the faith

Apapun yang terjadi baik itu dari tingkat kepedulian pemerintah tentang hal ini atau bahkan kepedulian pengendara lain untuk tetap bisa menghargai sesama pengguna jalan, itu semua kembali ke diri kita masing-masing. Ingat tidak semua orang itu peduli tentang hal ini, walaupun kita sudah hati-hati dijalan n mentaati peraturan yang ada kecelakaan masih sangat mungkin terjadi. Jadi bantu orang-orang seperti mereka yang peduli tentang orang lain yang berada di jalan bukan hanya tentang nyawa mereka sendiri tapi nyawa orang lain, untuk terus mensosialisasikan dan mengimplementasikannya agar di hari yang akan datang keselamatan jalan khususnya bisa menjadi harga mati dan bukan lagi hal yang bisa di sepelekan.

Untuk lihat obrolannya bisa lihat disini yah

http://www.facebook.com/edo.rusia?v=feed&story_fbid=96990299242


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: