Pita Penggaduh ???

3 03 2010

Yap silahkan garuk garuk kepala kl memang masih belum tahu apa maksud dr tulisan ini, sama seperti saya yg pertama kali baca tentang hal ini. “Pita Penggaduh” apa maksud dan tujuannya sebenernya dari si Pita ini.

Apakah ada seseorang bernama Pita yang suka mengaduh atau bahkan Pita menerima segala macam Aduhan…ah makin g jelas aj deh. Tapi kemungkinan besar Pita berbaik hati untuk bisa di jadikan salah satu bagian dari Marka Jalan yang selama ini kita tahu.

Pita Penggaduh adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang suatu bahaya. Pita penggaduh berupa bagian jalan yang sengaja dibuat tidak rata dengan menempatkan pita-pita setebal 10 sampai 40 mm melintang jalan pada jarak yang berdekatan, sehingga bila mobil yang melaluinya akan diingatkan oleh getaran dan suara yang ditimbulkan bila dilalui oleh ban kendaraan.

Pita penggaduh biasanya ditempatkan menjelang perlintasan sebidang, menjelang sekolah, menjelang pintu tol atau tempat-tempat yang berbahaya bila berjalan terlalu cepat.

Dibeberapa daerah sudah ada beberapa tanda akan keberadaan dari marka jalan yang satu ini, walaupun saya sendiri belum pernah melihat tetapi ada kirimin photo dari teman akan keberadaannya di daerah Blitar.

Standar Pita Penggaduh

  • Pita penggaduh dapat berupa suatu marka jalan atau bahan lain yang dipasang melintang jalur lalu lintas dengan ketebalan maksimum 4 cm.
  • Lebar pita penggaduh minimal 25 cm
  • Jarak antara pita penggaduh minimal 50 cm
  • Pita penggaduh yang dipasang sebelum perlintasan sebidang minimal 3 pita penggadu
  • Pita penggaduh sebaiknya dibuat dengan bahan thermoplastik atau bahan yang mempunyai pengaruh yang setara yang dapat mempengaruhi pengemudi.

Jadi apabila bertemu dengan marka seperti ini, agar memperlambat laju kendaraan nya yah, kasihan si Pita dah di lindas apabila kita terlalu kencang…xixixixixxi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: